mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
28 Maret 2024

Ini Penyakit Yang Harus Diwaspadai Saat Musim Hujan

0

TEMBILAHAN (detikriau.org) – Selama musim penghujan, masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) diimbau untuk mewaspadai penyebaran berbagai penyakit.

Imbauan tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Inhil melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan, Pengendalian Kemitraan dan Promosi Kesehatan (PPKDPK), Ns Matzen, S.Kep, MSi, MKes saat berbincang dengan detikriau.org, beberapa waktu lalu.

Adapun berbagai penyakit yang biasanya muncul saat musim penghujan, diantaranya penyakit diare, Demam Berdarah Dengue (DBD), Leptospirosis, penyakit kulit dan penyakit saluran cerna lainnya.

Untuk menghindari terserang penyakit diare, dapat dilakukan dengan mencuci tangan pakai sabun setiap akan makan atau minum, sehabis buang air, merebus air minum hingga mendidih, menjaga kebersihan lingkungan dan  menghindari tumpukan sampah di sekitar tempat tinggal.

Sedangkan untuk mengantisipasi penularan DBD, masyarakat harus berperan aktif dalam mendukung dan melaksanakan gerakan 3 M Plus, yaitu mengubur kaleng-kaleng bekas, menguras tempat penampungan air secara teratur dan menutup tempat penyimpanan air dengan rapat, serta tidur menggunakan kelambu atau lotion anti nyamuk.

Kemudian, untuk menghindari timbulnya penyakit leptospirosis, masyarakat agar melakukan langkah-langkah antisipasi, yaitu menekan dan hindari adanya tikus yang berkeliaran di lingkungan rumah, dengan selalu menjaga kebersihan, hindari bermain air saat terjadi banjir terutama bila ada luka, gunakan pelindung misalnya sepatu boot, bila terpaksa harus ke daerah banjir.

Selanjutnya penyakit kulit, dapat berupa infeksi, alergi atau bentuk lain pada musim banjir, maka masalah utamanya adalah kebersihan yang tidak terjaga baik. Adi/adv

Tinggalkan Balasan