mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
29 Maret 2024

BUPATI BERSAMA BAPPEDA INHIL SUSUN DRAF RPJMD

0

Tembilahan (www.detikriau.org) — Bupati,HM Wardan,  Wakil Bupati, H Rosman Malomo  beserta Sekda Kab. Indragiri Hilir, H Alimuddin RM didampingi tim ahli penyusunan RPJMD 2014-2018 melakukan diskusi dengan Bappeda yg dihadiri beberapa Kepala SKPD dan tim KLHS pemkab. Kegiatan ini dalam rangka agar  dapat tersusunnya Draft Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kab. Indragiri Hilir, guna mewujudkan visi misi politik agar bisa di inplementasikan dalam Program Pembangunan dan dimasukkan ke dalam dokumen daerah.
Selain itu, kegiatan ini juga tidak hanya focus pd dokumen RPJMD, tapi akan  membangun sinkronisasi antar dokumen terutama yg berukuran kinerja sehingga mudah merencanakan, melaksanakan, dan melakukan dengan alat ukuran keberhasilan berupa Indikator Kinerja Daerah (IKD) sebagai ukuran keberhasikan visi dan misi pada rpjmd 2014-2018.
Dokumen yang tidak bisa dipisahkan untuk keberhasilan pencapaian visi misi ini adalah Renstra SKPD, dimana Indikator Kinerja SKPD pada Renstra haruslah mengacu pada Tujuan dan Sasaran RPJMD yg merupakan  penterjemahan visi dan misi sehingga SKPD tidak boleh gagap dalam menterjemahkan visi dan misi dalam ukuran kinerja skpd yg terlihat pada rencana program dan kegiatan di skpd.
Diskusi ini juga mengungkapkan banyak persoalan yang masih harus ditindaklanjuti seperti validitas data serta sistem Pendataan yang masih harus ditingkatkan sehingga potret terhadap persoalan daerah bisa dipertanggungjawabkan, karena di dukung data yang valid, dukungan aturan dan kajian yg lebih teknis dan mendalam terhadap program yg menjadi janji politik seperti pemekaran Kabupaten, persoalan perkebunan, infrastruktur dan lainnya.
“Setelah tahapan ini, juga akan dilakukan Musrenbang rpjmd sekitar  akhir bulan Maret yang datang untuk membahas lebih lanjut rancangan renstra skpd sebagai input utama untuk finalisasi rpjmd, ujar kepala Bappeda Inhil, Hj. Alvi Furwanti alwie.(dro)

Tinggalkan Balasan