mgid.com, 610011, DIRECT, d4c29acad76ce94f
29 Maret 2024

PETUGAS JAGA LAPAS TEMBILAHAN GAGALKAN USAHA PELARIAN NAPI

0

TEMBILAHAN (www.detikriau.org) – Seorang Nara Pidana Lembaga Permasyarakatan (Napi Lapas) Tembilahan kemaren malam (7/8) mencoba melarikan diri. Beruntung aksi ini dipergoki penjaga yang bertugas jaga pada malam tersebut dan berhasil menggagalkan niat pelaku.

Berdasarkan keterangan Kelapas kelas II A Tembilahan, Tommy, usaha percobaan melarikan diri napi ini terjadi saat penghuni lapas sedang mengerjakan sholat berjamaah. Kesunyiaan ini dimanfaatkan pelaku untuk mencoba melarikan diri.

“Kejadiannya sekira pukul 19.30, ada seorang napi yang mencoba melarikan diri. Beruntung petugas jaga sempat memergoki pelaku yang berusaha memanjat tembok lapas. Tapi petugas jaga berhasil menggagalkan usaha pelaku dan kembali menggiringnya keruang tahanan,” Jelas Kalapas saat dikomfirmasi wartwan melalui sambungan telepon selularnya, rabu (8/8)

Kejadian seperti ini ditambahkan Kalapas bisa disebabkan oleh salah satunya seperti kurang memadainya infrastruktur bangunan sehingga membuat sebahagian penghuni lapas berpikir untuk mencoba melarikan diri.

“Iya kita akui mungkin dengan kondisi bangunan kita yang kurang layak ini memudahkan niat para napi yang ingin melarikan diri, seperti yang kita lihat bangunan lapas ini kurang tinggi dan mudah untuk dilewati,” Jelas Kalapas.

Tommy berharap kejadian tersebut bisa membuat pemerintah kabupaten Inhil untuk sedikit peduli dengan permasalahan tersebut, dengan membantu memperbaiki kekurangan-kekurangan infrastruktur bangunan lapas sendiri.

Saat ini upaya yang dilakukan pihak lapas untuk meredam aksi kabur tersebut hanya dengan memberikan pengarahan kepada para napi baik dari sisi mental dan psikologi yang diharapkan dapat membuat para napi bisa menghabiskan masa kurungan dan nantinya setelah bebas bisa menjadi manusia yang lebih berguna dan memiliki keahlian sebagai bekal untuk mencari bekal hidup mereka.(*)

Tinggalkan Balasan